Spiga

CPNS Kabupaten Bekasi Jawa Barat

Pengumuman CPNS Kabupaten Bekasi Jawa Barat


Bupati Bekasi
P ENGUMUMAN
Nomor : 813/2291-BKD/2008
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DARI PELAMAR UMUM
PEMERINTAH KABUPATEN BEKASI TAHUN ANGGARAN 2008
Dalam rangka mengisi kekurangan/formasi Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan
membuka kesempatan bagi yang berminat untuk mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD)
Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2008 sejumlah 613 orang, dengan jabatan, pendidikan dan syarat-syarat sebagai berikut :
NO. JABATAN KODE
JABATAN
KUALIFIKASI PENDIDIKAN JUMLAH
FORMASI
1 2 3 4 5
1 GURU
- Guru Kelas 10191 S-1/AKTA IV/D-2/AKTA II PGSD 65
- Guru Kelas 10130 D-3/AKTA III Pendidikan Matematika 3
- Guru Mata Pelajaran Matematika 10279 S-1/AKTA IV Pendidikan Matematika 15
- Guru Mata Pelajaran Fisika 10373 S-1/AKTA IV Fisika 15
- Guru Mata Pelajaran Biologi 10471 S-1/AKTA IV Biologi 15
- Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris 10567 S-1/AKTA IV Bahasa Inggris 20
- Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 10666 S-1/AKTA IV Bahasa Indonesia 15
- Guru Mata Pelajaran Kimia 10775 S-1/AKTA IV Kimia 15
- Guru Mata Pelajaran Akuntansi 10877 S-1/AKTA IV Pendidikan Akuntansi 15
- Guru Mata Pelajaran Antropologi 10964 S-1/AKTA IV Antropologi 5
- Guru Mata pelajaran Sosiologi 11086 S-1/AKTA IV Sosiologi 10
- Guru Mata Pelajaran PPKn 11182 S-1/AKTA IV PPKn 15
- Guru Mata Pelajaran Ekonomi 11272 S-1/AKTA IV Ekonomi 15
- Guru Mata Pelajaran Geografi 11374 S-1/AKTA IV Geografi 10
- Guru Mata Pelajaran Sejarah 11483 S-1/AKTA IV Sejarah 10
- Guru Bahasa Asing (Jerman) 11568 S-1/AKTA IV Bahasa Jerman 2
- Guru Pendidikan Seni Tari 11684 S-1/AKTA IV Seni Tari 3
- Guru Bahasa Asing (Arab) 11765 S-1/AKTA IV Bahasa Arab 5
- Guru Olahraga 11881 S-1/AKTA IV Penjaskes 12
- Bimbingan Konseling 11970 S-1/AKTA IV Bimbingan Konseling 8
- Guru Pendidikan Agama Islam 12076 S-1/AKTA IV Pendidikan Agama Islam 15
- Guru Anak Usia Dini 12178 S-1/AKTA IV Pendidikan Anak Usia Dini 1
- Guru Sekolah Luar Biasa 12285 S-1/AKTA IV SLB 1
- Guru Mata Pelajaran Teknik Otomotif 12380 S-1/AKTA IV Pendidikan Teknik Otomotif
(keguruan)
11
- Guru Mata Pelajaran Teknik Elektronik 12490 S-1/AKTA IV Teknik Elektronik (keguruan) 12
- Guru Mata Pelajaran Tata Boga 12587 S-1/AKTA IV Tata Boga 3
- Guru Mata Pelajaran Tata Niaga 12688 S-1/AKTA IV Tata Niaga 3
- Guru Mata Pelajaran Teknik Bangunan 12789 S-1/AKTA IV Teknik Bangunan 2
- Guru Mata Pelajaran Bahasa Sunda 12869 S-1/AKTA IV Bahasa Sunda 4
2. KESEHATAN
- Dokter Umum 20195 Dokter Umum 10
- Dokter Spesialis Kulit & Kelamin 20296 Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin 1
- Dokter Spesialis Mata 20397 Dokter Spesialis Mata 1
- Dokter Gigi 20493 Dokter Gigi 6
- Bidan 20513 D-3 Kebidanan 30
- Bidan 20504 D-1 Kebidanan 5
- Perawat 20643 S-1 Keperawatan 10
- Perawat 20614 D-3 Keperawatan 75
- Perawat 20603 SPK 10
- Nutrisionis 20732 S-1 Ahli Gizi 2
- Nutrisionis 20757 S-1 SKM Gizi 3
- Apoteker 20834 Apoteker 5
- Pengawas Farmasi dan Makanan 20937 S-1 Farmasi 4
- Asisten Apoteker 21010 D-3 Farmasi 2
- Asisten Apoteker 21002 SMF 4
- Radiografer 21122 D-3 Radiolografi/Radiodiagnostik dan 3
Radiografi
- Perekam Medik 21223 D-3 Rekam Medik 2
- Perawat Gigi 21321 D-3 Perawat Gigi 4
- Penata Gizi 21412 D-3 Gizi 2
- Penata Rontgen 21520 D-3 Penata Rontgen 4
- Analis Kesehatan 21601 SMAK 3
- Analis Kesehatan 21608 D-3 Analis Kesehatan 5
- Penyuluh Kesehatan Masyarakat 21756 S-1 SKM 6
- Penyuluh Kesehatan Masyarakat 21715 D-3 Kesehatan Lingkungan 3
3. TEKNIS
- Operator Komputer 30116 D-3 Komputer 3
- Verifikator Keuangan 30207 D-3 Akuntansi 1
- Pengawas pengelolaan sarana dan
prasarana di kecamatan
30329 D-3 Teknik Sipil 3
- Pengawas Ketenagakerjaan 30562 S-1 Teknik Mesin 1
- Pengawas Ketenagakerjaan 30539 S-1 Hukum 1
- Pengawas Ketenagakerjaan 30599 S-1 Teknik Listrik 1
- Pengendali Dampak Lingkungan 31361 S-1 Teknik Lingkungan 1
- Perantara Hubungan Industrial 30739 S-1 Hukum 1
- Penyusun peraturan perundang-undangan 30839 S-1 Hukum 2
- Auditor 30933 S-1 Akuntansi 1
- Penata Laporan Keuangan 31033 S-1 Akuntansi 19
- Penyusun rencana Anggaran Pendapatan
dan Belanja Daerah (APBD)
31150 S-1 Manajemen Keuangan 5
- Inspektur Migas 31260 S-1 Teknik Kimia 1
- Pengendali dampak lingkungan 31326 D-3 Teknik Kimia 1
- Penyusun konsep penataan ruang 31463 S-1 Teknik Sipil 1
- Pengawas teknik penyehatan permukiman 35563 S-1 Teknik Sipil 1
- Pengevaluasi kurikulum muatan lokal dan
penilaian hasil belajar pendidikan
31647 S-1 Kurikulum Pendidikan/Administrasi
Pendidikan
1
- Surveyor pemetaan 34238 S-1 Geologi 1
- Pengawas Sistem Penerangan Jalan
Umum
31758 S-1 Teknik Elektronik 1
- Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan 34851 S-1 Manajemen Perusahaan 2
- Analis perekonomian 32151 S-1 Manajemen Perusahaan 1
- Penyuluh Pertanian 32253 S-1 Pertanian 4
- Perencana pembangunan daerah 32436 S-1 Ekonomi Pembangunan 2
- Pengolah data pembangunan 32509 D-3 Ekonomi Pembangunan 1
- Pranata Komputer 32645 S-1 Komputer 5
- Pranata Komputer 32616 D-3 Komputer 2
- Penyuluh Peternakan 32754 S-1 Peternakan 4
- Penyuluh Perikanan 32892 S-1/D-4 Perikanan 1
- Medik veteriner 32994 Dokter Hewan 1
- Pranata Hubungan Masyarakat 33146 S-1 Komunikasi 1
- Analisis Kelembagaan 33248 S-1 Manajemen 1
- Penyusun Rencana Kegiatan 33448 S-1 Manajemen 2
- Analisis Tata Praja 33541 S-1 Ilmu Pemerintahan/Administrasi Negara 1
- Analis Keagrariaan 33740 S-1 Hukum Agraria 1
- Pengawas Operasional Lalu Lintas 33817 D-3 LLAJ 1
- Perencana Agribisnis Perkotaan 33905 D-3 Administrasi Bisnis 1
- Perencana Agribisnis Perkotaan 33998 S-1 Administrasi Niaga/Bisnis 1
- Pengelola data pendaftaran perusahaan 34019 D-3 Manajemen Perusahaan 1
- Penggerak swadaya masyarakat 34118 D-3 Manajemen Agribisnis 1
- Surveyor pemetaan 34211 D-3 Geodesi 1
- Analis Kepegawaian 34455 S-1 Psikologi 1
- Pengawas Tata Bangunan dan
Perumahan
34535 S-1 Arsitektur 1
- Pengolah dan Penyaji Data Teknik Industri
dan UKM
34625 D-3 Teknik Industri 1
- Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan 34859 S-1 Teknik Industri 1
- Penyuluh Perindag 31959 S-1 Teknik Industri 1
- Penyuluh Sosial 35244 S-1 Kesejahteraan Sosial 1
- Analis Manajemen Pertanian 35352 S-1 Manajemen Sumberdaya Pertanian 1
A.PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia;
2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
4. Tidak berkedudukan sebagai PNS atau CPNS, anggota TNI dan Polri;
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil
atau Calon Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI, anggota Kepolisian dan Pegawai Swasta;
6. Tidak pernah dijatuhi hukuman penjara atau hukuman kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri yang sudah
mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
7. Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
8. Tidak pernah terlibat dalam suatu gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945, Negara, Pemerintah RI dan Pemerintah
Daerah Kabupaten Bekasi;
9. Bersedia melepaskan dari jabatan pimpinan dan atau anggota partai politik pada saat dinyatakan lulus sebagai CPNSD;
10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Negara.
B.PERSYARATAN KHUSUS
1. Berusia serendah-rendahnya 18 Tahun dan setinggi-tingginya 35 Tahun per 1 Pebruari 2009;
2. Bagi pelamar yang berusia diatas 35 tahun sampai dengan 40 Tahun per tanggal 1 Pebrurai 2009, harus telah mengabdi kepada
instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dengan masa kerja minimal 11 tahun 10 bulan secara terus menerus per
tanggal 1 Februari 2009 dibuktikan dengan keputusan yang dibuat oleh pejabat yang berwenang;
3. Memiliki Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar dan transkrip nilai dari sekolah/Perguruan Tinggi yang terakreditasi oleh Badan
Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/telah mendapat Ijin penyelenggaraan dari Menteri yang bertanggungjawab di bidang
pendidikan nasional, sesuai kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dengan IPK minimal untuk Eksakta 2,50 dan Non Eksakta
2,75;
4. Bagi pelamar tenaga kependidikan (guru) melampirkan fotocopy Akta Kependidikan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang
berwenang;
5. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres/Polresmetro Bekasi;
6. Telah terdaftar pada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota Bekasi, dibuktikan dengan Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/1)/Kartu
Kuning;
7. Berbadan sehat dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (Puskesmas/RS Pemerintah).
C.TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN
1. Surat lamaran yang ditandatangani diketik dengan komputer pada kertas Folio ukuran 21,5 x 33 cm dengan jenis huruf arial
narrow ukuran 10 ditujukan kepada Bupati Bekasi (contoh format surat lamaran terlampir) sebanyak 2 lembar, 1 lembar
ditempel/lekatkan dengan lem di map snall hekter dan 1 lembar dimasukkan dalam amplop/digabung dengan persyaratan yang
lain.
2. Lampiran berkas persyaratan harus disertakan sekaligus dalam surat lamaran sebagai berikut :
a. Pas photo warna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 6 lembar dibelakangnya ditulis nama dan tanggal lahir;
b. 1 (satu) buah amplop kosong warna putih ukuran 11 x 24 Cm yang ditulis nama, alamat lengkap pelamar, dan nomor
telepon/HP, kode pos serta dibubuhi Perangko Rp. 4.000,- (enam ribu) atau dapat menggunakan layanan sampul flaterate dari
Kantor Pos untuk balasan tanda peserta/nomor tes;
c. Foto copy Ijazah/STTB dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
d. Foto copy Akta Kependidikan bagi pelamar tenaga pendidikan yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
e. Foto copy surat pengangkatan sebagai tenaga honorer pada instansi Pemerintah baik instansi pusat maupun daerah dengan
masa kerja minimal 11 tahun 10 bulan secara terus menerus per tanggal 1 Pebruari 2009 yang telah dilegalisir oleh pejabat
yang berwenang (khusus bagi pelamar berusia diatas 35 tahun s.d. 40 tahun per tanggal 1 Pebruari 2009);
f. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/1)/Kartu Kuning dilegalisir pejabat yang berwenang;
g. Foto copy SKCK dari Polres/Polresmetro Bekasi dilegalisir pejabat yang berwenang;
h. Foto copy Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (Puskesmas / RS Pemerintah) dilegalisir pejabat yang berwenang;
4. Surat lamaran ditempel/lekatkan dengan lem pada bagian depan/muka map snall hekter dan surat lamaran yang satunya serta
berkas persyaratan sebagaimana dimaksud pada butir 2 di atas dimasukkan/dijepit berurut sesuai urutan kedalam map, masingmasing
warna biru bagi pelamar Tenaga Pendidikan, warna merah bagi pelamar Tenaga Kesehatan dan warna kuning bagi
pelamar Tenaga Teknis, selanjutnya dimasukkan dalam amplop warna coklat bertali “Air Mail” nomor 312 (30 x 39,5 Cm/A3) atau
ukuran lebih besar dari map dan ditujukan kepada Bupati Bekasi melalui PO. BOX. 2222 untuk tenaga pendidikan, PO. BOX.
3333 untuk tenaga kesehatan dan PO. BOX. 4444 untuk tenaga teknis dengan fasilitas layanan kilat khusus/perlakuan khusus.
5. Panitia tidak menerima berkas lamaran yang disampaikan secara langsung, tetapi harus melalui Kantor Pos sebagaimana point 3.
D. WAKTU PENDAFTARAN
1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 Nopember 2008 s.d 27 Nopember 2008.
2. Berkas lamaran yang disampaikan melalui PO. BOX tersebut di atas dengan stempel pos sesudah tanggal 27 Nopember 2008
pukul 18.00 WIB tidak dilayani.
3. Bagi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan administrasi tidak akan dipanggil untuk mengikuti seleksi dan berkas lamaran
tidak akan dikembalikan serta menjadi hak milik panitia.
4. Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan diberi tanda peserta berikut nomor testing, dikirim melalui Pos ke
alamat pelamar untuk mengikuti testing yang akan dilaksanakan sesuai jadual dan tempat yang tertera pada tanda peserta.
E. MATERI SELEKSI DAN WAKTU PELAKSANAAN
1. Materi Tes Terdiri dari : Tes Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik, dan Tes Skala Kematangan) dan
Tes Kompetensi Bidang (Tes yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar).
2. Waktu seleksi dilaksanakan serentak pada tanggal 7 Desember 2008 mulai pukul 08.00 s.d. selesai.
F. LAIN-LAIN
1. Tidak ada surat menyurat dan hubungan telepon dengan panitia berkaitan dengan kegiatan penerimaan CPNSD Kabupaten
Bekasi Tahun 2008.
2. Segala pengaduan ditujukan kepada Bupati Bekasi dikirim surat melalui PO. BOX. 5555.
3. Pendaftaran tanpa dipungut biaya apapun.
4. Keputusan Panitia tidak bisa diganggu gugat.
Demikian agar maklum.
Bekasi, 18 Nopember 2008
BUPATI BEKASI,
Drs. H. SA’DUDDIN, MM
KODE JABATAN YANG DILAMAR *)
Bekasi, Nopember 2008
Perihal : Lamaran Calon PNS dari pelamar umum
Kabupaten Bekasi Tahun 2008
Yth.
Kepada :
BUPATI BEKASI
di -
B E K A S I
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Gelar Depan : ........................
NAMA LENGKAP : ..............................................................................................................................................
Gelar Belakang : ........................
TEMPAT LAHIR : ................................................................................................ (NAMA KAB./KOTA)
TANGGAL LAHIR : ........../........../.................(DD/MM/YYYY)
JENIS KELAMIN : 1. PRIA 2. WANITA **)
AGAMA : 1. ISLAM 2. K. PROTESTAN 3. K. KHATOLIK 4. BUDHA 5. HINDU **)
STATUS PERKAWINAN : 1. BELUM KAWIN 2. KAWIN 3. JANDA 4. DUDA **)
PENDIDIKAN (JENJANG & JURUSAN) : .............................................................................................................................................
IJAZAH / STTB : NO.: ........................................................................ TANGGAL ........../........../......................
INDEKS PRESTASI KOMULATIF (IPK) : ..............................................................................................................................................
JABATAN YANG DILAMAR : ..............................................................................................................................................
KODE JABATAN YANG DILAMAR : (diisi 5 digit sesuai yang tertera di pengumuman)
MASA KERJA : ........... TAHUN ........... BULAN (Khusus Pelamar berusia diatas 35 Tahun s.d. 40 Tahun)
SURAT KETERANGAN SEHAT : TANGGAL ......../......../2008. NAMA DOKTER : ....................................................................
SURAT KET. CAT. KEPOLISIAN (SKCK) : NOMOR : ............................................................... TANGGAL ......../......../2008.
ALAMAT RUMAH (BENAR/LENGKAP) : ..............................................................................................................................................
......................................................................................Kode Pos ….....................................
NO. TELEPON : RUMAH :........................................... HP : .......................................................................
Bermaksud mengajukan lamaran menjadi CPNS Kabupaten Bekasi untuk formasi tahun 2008, dengan persyaratan yang saya
lampirkan sebagai berikut :
NO JENIS PERSYARATAN MS
(MEMENUHI SYARAT)
TMS
(TIDAK MEMENUHI SYARAT)
KET.
1. Surat lamaran ditujukan kepada Bupati Bekasi diketik komputer dengan format
seperti pada pengumuman
2. Pas photo warna terbaru ukuran 3 x 4 = 6 lembar
3. Foto copy ijazah / STTB / transklip nilai sesuai kualifikasi pendidikan dan
jabatan yang dilamar dan telah dilegalisasi pejabat yang berwenang.
4. Foto copy Akta Kependidikan bagi pelamar tenaga pendidikan (guru) yang telah
dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
5. Foto copy sah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Foto copy sah Surat keterangan sehat dari Puskesmas/RS Pemerintah
7. Foto copy sah Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/1)/Kartu Kuning
8. 1 (satu) buah amplop kosong ukuran 11 x 24 Cm yang ditulis nama, alamat
lengkap pelamar, dan nomor, kode pos, telepon/HP serta dibubuhi Perangko
Rp. 4.000,- (enam ribu)
9. Foto copy sah Surat Pengangkatan sebagai tenaga honorer, dilegalisasi oleh
Pejabat Setingkat eselon II (khusus pelamar yang berusia 35 s.d. 40 Th yang
sudah mengabdi kepada instansi pemerintah baik pusat maupun daerah
minimal 11 tahun 10 bulan per tanggal 1 Pebruari 2008 secara terus menerus)
Surat lamaran ini saya buat rangkap 2 (dua) , yang 1 (satu) ditempel pada map snall hecter dan yang satunya lagi digabung dan
dijepit di dalam map bersama berkas persyaratan lain seperti yang tertera pada tabel diatas.
Demikian agar maklum.
Hormat Saya,
…………………………….
( Nama Jelas)
Alasan TMS :
1. ……………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………
3. ……………………………………………………………………………
4. ……………………………………………………………………………
5. ……………………………………………………………………………
6. ……………………………………………………………………………
1. MS Bekasi, Nopember 2008
2. TMS (Paraf dan nama petugas)
Catatan :
*) Tulisan kode jabatan ditebalkan (Bold) dengan font ukuran 24.
**) Lingkari.
***) Tulisan MS dan TMS ditebalkan (Bold) dengan font ukuran 16.
Kotak Isian Validasi Petugas ***)
**) Lingkari
CONTOH FORMAT SURAT LAMARAN